Iklan 1

Advertisement

Pengolahan Tanah Tanaman Tebu PC

Tau kah kalian tanaman PC? Budidaya tanaman tebu PC (Plant Cane) terbagi menjadi PC murni dan PC walik lubang. PC murni merupakan budidaya tanaman tebu pertama pada lahan yang sebelumnya bukan merupakan bekas lahan tanaman tebu. PC walik lubang merupakan budidaya tanaman tebu pada lahan yang sebelumnya merupakan lahan bekas dibudidayakan tanaman tebu.
Awal dari kegiatan budidaya yakni dengan melakukan persiapan lahan berupa pengolahan tanah. Persiapan lahan dilakukan untuk membuat lahan dengan kondisi yang sesuai syarat tumbuh yang baik bagi pertumbuhan tanaman tebu.
Baca : Syarat Tumbuh Tanaman Tebu
Budidaya tanaman tebu di lahan tegalan saat ini dalam pengolahan tanah telah dilaksanakan secara mekanis. Nah, berikut kegiatan olah tanah budidaya tnaman tebu lahan tegalan :
1. Plough Harrow
 Alat plough harrow  digunakan dalam pemecahan tunggak tanaman tebu yang berupa piringan dengan tepi bergerigi sejumlah 14 piringan dengan kedalaman olahan 30 cm. Operator menjalankan traktor yang telah terhubung dengan implemen plough harrow yang akan membuat piringan pada plough harrow berputar dan masuk kedalam tanah sehingga piringan dapat memecah tanah dan mencacah tunggak tanaman tebu. 
Pekerjaan pencacahan tunggak ini menargetkan agar tunggak tanaman tebu dapat terdekomposisi lebih cepat dan menambah kandungan bahan organik tanah.
2. Disc Plough 
Disc plough merupakan alat bajak yang digunakan untuk memecah bongkahan tanah hasil plough harrow sehingga tanah lebih gembur. Disc plough berupa piringan dengan tepi rata berdiameter 28 inchi. Kedalaman olah tanah disc plough dapat mencapai 30-40 cm. 
3. Harrow Finishing 
Harrow finishing merupakan alat mekanisasi untuk meratakan tanah mempersiapkan penanaman bibit tebu dengan cane planter. Tanah yang rata akan memudahkan dalam kerja cane planter. Harrow finishing berupa garu piringan tepi tidak rata dengan diameter 32 inchi dan kedalaman olahan mencapai 25-30 cm

Posting Komentar

0 Komentar