Iklan 1

Advertisement

Zero Waste Kelapa Sawit

Perkebunan Kelapa Sawit merupakan salah satu subsektor pertanian yang menaikkan pendapatan negara melalui berbagai produk hasil olahan kelapa sawit. Banyak orang beraggapan bahwa suatu pengelolaan industri akan berakibat buruk terhadap lingkungan melalui limbahnya. Hal ini menuai banyak pro dan kontra di berbagai lapisan masyarakat baik para akademisi peduli lngkungan maupun dengan pekerja. Kelapa sawit merupakan salah satu industri yang dapat dikatan sebagai industri yang Zero Waste atau limbah 0. Seluruh bagian dari kelapa sawit baik dari ujung daun hingga kernel yang terbungkus di dalam endocarp dapat digunakan tanpa harus meninggalkan limbah.

1. Mesocarp

Mesocarp merupakan bagian uah kelapa sawit berupa serabut ang mengandung banyak minyak. Mesocarp pada dasarnya akan diolah menjadi bahan olahan berupa CPO (Palm Crude Oil). Setelah pengambilan minyak CPO, sabut buah kelapa sawit ini dapat digunakan sebagai pupuk organik dengan meletakkannya di sekitar pohon kelapa sawit.
2. Endocarp

Endocarp buah kelapa sawit berupa tempurung yang membungkus kernel dari buah kelapa sawit. Tempurung ini dapat digunakan sebagai bahan bakar bagi pabrik pengelolaan.
3. Kernel
Kernel merupakan bagian dari buah kelapa sawit yang digunakan dalam menghasilkan minyak kelapa sawit berupa PKO (Palm Kernel Oil). Dalam satu buah lebih banyak minyak CPO dari pada PKO. Ampas kernel yang telah diambil minyaknya, dapat juga digunakan sebagai pupuk organik bagi tanaman kelapa sawit yang di kebun.
4. Pelepah daun

Daun kelapa sawit setiap beberapa bulan sekali dilakukan pemangkasan pelepah daun. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan terjepitnya bunga kelapa sawit. Pelepah daun yang telah di pangkas dipotong menjadi 3 bagian kemudian diletakkan pada gawangan mati, ini dapat digunakan sebagai pupuk organik.
5. Pohon kelapa sawit
Pohon kelapa sawit menjadi tanaman menghasilkan hingga umur 25 tahun. Setelah itu pohon dapat ditebang dan dilakukan replanting. Sedang tebangan pohon dapat digunakan dan diambil kayunya sebagai bahan meubel. Adapun yang tidak ditebang lebih bermanfaat untuk suplai oksigen.
Nah manakah limbah buangan kelapa sawitnya? Mari ciptakan industrimu yang ramah linkungan agar menjadi industri yang zero waste seperti industri kelapa sawit ini. Siapkan diri anda sebagai agen of shange masa depan...

Posting Komentar

0 Komentar