Iklan 1

Advertisement

Sifat Fisika Tanah

 

 
Tanah merupakan media tanam yang sering digunakan. Suatu tanah memiliki sifat fisika yang menunjukkan kondisi fisik tanah tersebut. Sifat fisika tanah diantaranya :

1. Tekstur tanah
Tekstur tanah merupakan perbandingan ketiga fraksi tanah yakni pasir, debu , dan lempung. Tanah yang baik memiliki tingkat perbandingan fraksi tanah yang seimbang atau bertekstur geluh.
2. Kadar Lengas
Kadar Lengas merupakan kondisi yang menunjukkan kadar air suatu tanah. Kadar lengas erat kaitannya dengan drainase yang diberikan terhadap tanah. Kadar lengas tanah yang baik pada kondisi kapasitas lapang.
3. Struktur Tanah
Struktur tanah merupakan sifat fisika tanah yang terdiri dari berat volume (BV), berat jenis (BJ), dan porositas.Berat Volume (BV) menunjukkan perbandingan antara berat tanah kering dengan volume tanah dan termasuk volume pori-pori tanah diantaranya. Bulk density merupakan petunjuk kepadatan tanah. Makin mampat suatu tanah maka dalam pengelolaannya akan semakin sulit. Selain itu tidak bagus bagi pertumbuhan tanaman apabila tanah dengan nilai BV yang tinggi, hal ini karena akan mempersulit akar dalam penetrasi terhadap tanah. Berat jenis merupakan berat tanah kering persatuan volume partikel-partikel (padat) tanah (jadi tidak termasuk volume pori-pori tanah).  Porositas yakni total pori dalam tanah yaitu ruang dalam tanah yang ditempati oleh air dan udara. Umumnya tanah yang dikehendaki tanaman adalah tanah yang berstruktur remah dengan perbandingan bahan padat dan pori seimbang.
4. Konsistensi Tanah

Konsistensi tanah merupakan ketahanan tanah perubahan bentuk oleh tekanan dan berbagai kekuatan yang mempengaruhi bentuk tanah. Konsistensi tanah ditetapkan dalam tiga kadar air tanah, yaitu konsistensi kering, dan konsistensi basah. 

Posting Komentar

0 Komentar