Iklan 1

Advertisement

Cara Seleksi Benih

Benih  merupakan bahan tanam yang nantinya di tanam pada sebuah media tanam agar tumbuh berkembang menjadi suatu tanaman yang memiliki baik kuantitas mapun kuantitas yang baik. Benih yang baik ialah benih yang memiliki daya kecambah yang diatas standar yakni diatas 75%. Dalam pemilihan benih yang baik dapat dilakukan beberapa cara sebagai berikut diantaranya:
1. Pengecambahan 
    Pengecambahan dilakukan agar diketahui benih yang berkecambah menjadi tanaman yang baik pertumbuhannya. Langkah pengecambahan dalam jumlah yang sedikit:
    1) Siapkan petridish dan kapas atau juga dapat menggunakan kertas saring yang diletakkan didalam petridish
    2) Susun benih diatas kapas atau kertas saring
    3) Sirami kapas dengan menggunakan air hingga kapas basah
    4) Tutup petridish untuk menjaga kelembaban
    5) Biarkan selama 21 hari hingga benih berkecambah sempurna
    6) Dihitung Daya Kecambah (DB) nya

 
Apabila dalam jumlah yang besar pengecambahan dapat dilakukan langsung pada media tanam, diseleksi benih yang memiliki pertumbuhan  yang bagus untuk kemudian di transplanting. 
 
2. Perendaman
     Perendaman dilakukan untuk mengetahui benih yang baik dengan cara merendam benih di dalam air selama beberapa hari. Perendaman dilakukan dengan cara benih yang siap di tanam direndam pada bak selama beberapa hari. Setelah beberapa hari seleksi benh yang tenggelam ketika direndam. Benih yang di rendam ialah benih yang memiliki endosperm yang cukup untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan yang baik. 
 
Demikian seleksi benih pada umumnya untuk mendapatkan benih yang nantinya dapat tumbuh dengan baik. Mari wujudkan benih unggul mu... Selamat mencoba....

Posting Komentar

0 Komentar